Home » Berita » GUBERNUR : PROSES DIGITALISASI INFORMASI DI BAPENDA HARUS TERUS BERJALAN

GUBERNUR : PROSES DIGITALISASI INFORMASI DI BAPENDA HARUS TERUS BERJALAN

Proses digitalisasi informasi dan penyusunan peta potensial pendapatan harus terus dilakukan oleh Bapenda Jatim. Demikian harapan Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa saat menyampaikan sambutan dalam rangka peringatan HUT ke-58 Bapenda Jatim di UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah di Kediri, Sabtu (3/10/2020).

IMG_8363

Gubernur Jatim berharap apa yang telah ada dan memberikan nilai tambah tetap diteruskan. “Adaptasi-adaptasi baru tolong diselaraskan,” pintanya. Program  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) saat ini  menyiapkan big data yang saya menyebutnya

“Jatim Connect” untuk mengatasi permasalahan data yang hingga kini jadi sumber permasalahan yang ada dilapangan.

“Saya bermimpi pemprov bisa menyiapkan big data yang saya sebut Jatim Connect. Jadi, koneksitas diantara instansi-instansi vertikal itu bisa nyambung semua,” kata Khofifah Indar Parawansa. Ini hal kecil, namun intensitas yang tinggi akan memberikan dampak yang besar.

Khofifah memberi contoh hari ini, misalnya, barang yang keluar dan masuk dari area-area, misalnya Ngawi dan Tuban, tidak semuanya bisa dihitung dengan presisi yang bagus.

“Karena angkutan-angkutan ini, mungkin tidak semua bisa mencatatkan produk-produk kita yang keluar dan produk-produk luar yang masuk ke Jatim,”  tambahnya.

“Kalau kita melihat sumber PAD Bapenda ini jantungnya pembangunan Jatim bagi pemprov. Oleh karena itu, pihaknya minta tolong sistem yang dibikin ada yang bikin pembangunan yang sehat. Jantungnya harus sehat. Cara memompanya juga harus dipastikan berjalan dengan baik. Kita ingin semuanya ingin berseiring meningkatkan kinerja pemprov Jatim,” tegasnya.

Pelaksana tugas (Plt) Bapenda Jatim, Ir. Mohammad Yasin,M.Si menyampaikan  HUT ke-58 Bapenda Jatim, sedikit berbeda dengan sebelumnya. “Di era pandemi ini, science of crisis kami menggelar sederhana. Semoga ini tidak mengurangi makna tasyakuran HUT Bapenda Jatim” papar Yasin. Tahun ini, HUT Bapenda Jatim dilaksanakan di UPT Bapenda di Kediri. “Ini satu-satunya UPT yang mengelola kelas kantor Gubernur”, jelas Plt. Kepala Bapenda Jatim.

IMG_8278 IMG_8303